Selamat datang di apotik-tempo.com. Apotik-tempo.com merupakan Online Pharmacy pertama di Indonesia yang melayani pembelian obat-obatan baik obat bebas maupun obat resep, berbagai macam vitamin dan multivitamin, alat kesehatan dan dan keperluan kesehatan lainnya. Nantikan promo bulanan kami yang sangat menguntungkan dengan diskon sampai 15% untuk produk yg sedang promo. Dan untuk setiap pembelian di apotik-tempo.com akan kami antar tanpa dikenakan biaya tambahan(* lihat ketentuan).
Thursday, August 21, 2014
PENCARIAN CEPAT
 
MEMBER
Username :
Password
 
SHOP BY BRAND
 
IKLAN




 
KATEGORI PRODUK
 
WEB STATISTIK
 
  
 
Perbanyak Serat Hindari Wasir
KESULITAN BAB merupakan salah satu pertanda wasir. Perubahan gaya hidup, terutama dalam pemilihan bahan makanan, mampu mencegah berulangnya gangguan ini.

Wasir atau ambeien adalah terjadinya pelebaran pembuluh darah balik (vena) di daerah anus sehingga terjadi tekananpadapembuluhdarahdi sekitar daerah tersebut. Hal ini karena kelemahan dinding pembuluh darah. Akibatnya, otot dan pembuluh darah sekitar anus atau dubur kurang elastis sehingga aliran darah terhambat dan membesar.

Pada penderita wasir, pembuluh darah bisa melebar, robek, berdarah, dan meradang. Sering kali penderita akan merasakan sangat sakit di sekitar anus. "Keluhannya adalah berdarah setiap buang air besar (BAB), ada yang tidak berdarah, hanya benjolan keluar tanpa berdarah," kata Ketua Umum Perhimpunan Dokter Keluarga Indonesia (PDKI) Dr Sugito Wonodirekso. Gejalanya, penderita akan merasakan perih, panas, sakit, gatal, dan tidak nyaman.

Saat terjadi wasir, terdapat benjolan-benjolan setiap kali BAB. Ada yang dapat masuk kembali dan ada pula yang tidak dapat masuk kembali. Saat kesulitan BAB dan mulai mengedan mencoba buang air besar, tekanan di bawah perut meningkat. Situasi ini bisa mengakibatkan pelebaran pembuluh darah di daerah anus bertambah lebar.

Penyebab gangguan ini pun beragam, tetapi faktor keturunan dan gaya hidup sangat dominan memberikan pengaruh. Menurut Sugito, seseorang yang di keluarganya ada yang menderita wasir, kemungkinan akan mengalami hal yang sama.

Gaya hidup pun turut memicu wasir.Bagi mereka yang jarang berolahraga, berpotensi mengalami wasir. Olahraga yang teratur sangat dianjurkan. Selain itu pilihan makanan juga perlu diperhatikan.

Diet yang tidak berimbang dengan mengonsumsi makanan kurang serat memicu kesulitan BAB. Makanan kurang serat berarti berkurangnya serat selulose sehingga menimbulkan panas dalam perut.

Normalnya, BAB setiap hari karena sembelit frekuensi menjadi jarang menjadi 2-3 hari. Orang yang mengalami sembelit juga berpotensi besar terkena wasir. Mereka yang mengalami wasir disarankan untuk mengatasi dengan banyak makan serat, sayuran, buah-buahan, banyak minum agar BAB (buang air besar) tidak keras. Untuk mengatasi gangguan BAB dapat pula dibantu dengan obat pencahar sekali-sekali sehingga buang air besar lancar setiap hari.

Adapun Michael L Peebles MD dari Department of Emergency Medicine Louisiana State University mengatakan usia remaja sampai 40 tahun cenderung berisiko mengalami wasir.

"Bagi ibu hamil, akan berisiko mengalami wasir, terutama mereka yang sebelumnya sudah pernah mengalami wasir," sebut Peebles.

Sewaktu hamil, otot-otot pinggul semakin tidak elastis akibat tekanan perut yang semakin membesar. Risiko akan semakin meningkat saat ibu melahirkan spontan atau normal karena dibarengi dengan mengejan.

Seberapa parah wasir dapat diketahui melalui penanganan medis. Ada empat stadium wasir, yakni stadium I, wasir di dalam dubur. Stadium II jika mengejan wasir keluar dan bisa masuk sendiri. Stadium III wasir keluar sendiri dan bisa dimasukkan. Stadium IV wasir di luar terus.

"Tidak semua wasir harus dioperasi, tergantung dari tingkatannya. Pada penanganan konservatif atau tanpa operasi, ada tiga macam penanganan yaitu perubahan gaya hidup, obat-obatan untuk diminum, dan obat-obatan dari dubur," tandas dia.

Apabila wasir sudah parah, harus segera dioperasi. Setelah dioperasi kemungkinan akan kambuh kembali, bahkan di tempat yang berbeda. Parahnya, risiko akan semakin besar dibandingkan yang belum operasi.

Sumber : Okezone.com / (sindo//tty)


Berita Lainnya
Apotik-Tempo.com Copyright © PT.Tempo Data System - 2013

OPTIMIZED FOR 1024X768 VIEW USING
INTERNET EXPLORER 7 OR MOZILLA FIREFOX 2.0.1.4 OR ABOVE